Sunday, December 1, 2019

Kamu Harus Tahu Nenek Moyang Indonesia itu Afrika

Debat asal mulanya vokalis Agnez Mo tengah hangat dibahas publik. Pencetusnya yaitu pengakuan ia kala diwawancara Kevin Kenney dalam media basis Build Series New York yang tampil di Youtube pada Jumat, 22 November 2019.

Masa itu, Kevin bertanya kenapa dia punyai type yang tidak serupa dengan banyak orang Indonesia. Pelantun Coke Bottle ini juga menjelaskan kalau soal dia nya yang benar-benar tak berdarah Indonesia. “Karena saya sebenarnya tak punyai darah Indonesia. Saya memiliki darah Jerman, Jepang, serta Cina, saya lahir di Indonesia, ” ujarnya.
Simak Juga : mitokondria adalah

Sesudah keseruan pengakuan itu, Agnez Mo memberikannya klarifikasi kalau wanita kelahiran Jakarta 33 tahun yang lalu ini mengatakan kalau sejak mulai lahir dianya udah ada ditengah-tengah budaya yang berlainan. Agnez menjelaskan kalau dianya perjuangkan ketidaksamaan budaya yang ada. " Saya tumbuh dalam budaya yang demikian beraneka. Inklusivitas budaya yaitu apa yang saya perjuangkan, Bhinneka Tunggal Ika bermakna menyatu dalam ketidaksamaan, " tuliskan Agnez di Intagram pada Selasa, 26 November 2019.

Vokalis Agnez Mo, tampil nyentrik kala mengikuti interview dengan platfotm Build Series dengan sang host, Kevan Kenney. Agnez Mo diberikan pertanyaan apa punyai hasrat buat bersinergi dengan artis K-Pop. Instagram/@agnezmo
Artikel Terkait : tahapan pembelahan mitosis

DNA bisa ceritakan banyak mengenai leluhur manusia. DNA bisa memberikannya data ilmiah bab susunan ras, nenek moyang, sampai titik jaman kedatangan ras. Sejumlah tokoh publik sempat melaksanakan uji DNA itu. Diantaranya yaitu vokalis Ariel Noah yang nyata-nyatanya punyai gen orang Yunani. Dalam study itu, vokalis bernama komplet Nazril Irham itu jadi sukarelawan peserta tes DNA berbarengan tokoh publik lain, seperti Najwa Shihab, Mira Lesmana, Riri Riza, serta Budiman Sudjatmiko.

Menurut hasil study yang dikabarkan dalam pameran " ASOI : Asal Saran Orang Indonesia " di Museum Nasional, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019, Ariel punyai 79, 78 prosen gen Asia Selatan (India, Bangladesh, Tamil, Nepal) , 15, 14 prosen gen Asia Timur (Jepang) , 5, 03 prosen gen diaspora Asia, serta 0, 05 prosen gen Yunani.

Pakar genetika dari Instansi Eijkman, Profesor Herawati Sudoyo, menjelaskan kalau orang Indonesia punyai bauran gen dari bangsa-bangsa yang hadir ke Nusantara dalam empat gelombang migrasi manusia kekinian. " Pada intinya genetik orang Indonesia yaitu gabungan, genetik orang Indonesia perlihatkan ada pembauran dari sejumlah leluhur genetik yang hadir dari periode mana juga dari arah yang beraneka, " ujarnya.

Semuanya suku yang berada di Indonesia tak ada yang murni asli Indonesia. Serta, berdasar pada kajian DNA, banyak orang asli Indonesia memiliki nenek moyang Afrika. “Jadi moyang kita itu dahulunya semua dari Afrika, lalu ia itu mengembara serta berjumpa dengan cuaca, petaka dan seterusnya di situlah DNA berganti, ” ujarnya pada Pameran Riwayat Orang Indonesia di Museum Nasional 15 Oktober 2019.



Pameran itu sebagai hasil kerjasama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan,  serta media riwayat Historia. id.

Dalam study yang dijalankan oleh Historia, pengecekan DNA banyak sukarelawan dijalankan pada sampel liur dari langit-langit mulut, belakang lidah, serta tepi gusi. Sampel itu lantas dikirim ke laboratorium EasyDNA di Australia buat dikontrol serta hasilnya didapatkan sesudah tiga minggu pengujian. Kajian itu dijalankan pada DNA mitokondria yang di turunkan lewat arah maternal atau ibu, kromosom Y yang cuma di turunkan dari segi paternal atau ayah, dan DNA autosom yang di turunkan dari ke-2 orangtua.

No comments:

Post a Comment

Yuk Intip Industri Coworking Space Cetak Pertumbuhan Tinggi

Industri ruangan kerja berbarengan (coworking ruang) adalah satu diantaranya bidang yang terus berkembang. Perkembangan ini searah dengan be...