Thursday, November 21, 2019

Yuk Intip Latar Belakang Kehidupan dan Karier Ahok

Bicara terkait politikus di Indonesia, nama Ahok jadi satu diantara politikus yang seringkali jadi bahan pembicaraan oleh warganet. Tokoh satu ini diketahui dengan jenis kepemimpinannya yang keras serta tegas, dia pun kondang dengan jenis bicara yang terbuka. 

Biografi Ahok kesempatan ini akan mengupas aksinya jadi politikus di Indonesia. Ahok lahir dari keluarga keturunan Tionghoa pada tanggal 29 Juni 1966 di Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung. 

Ahok yang saat ini pilih dipanggil dengan BTP, dulu ialah seseorang entrepreneur, dia sempat dirikan perusahaan bernama PT Nurindra Ekapersada yang selanjutnya pada tahun 1995 sukses membuat satu pabrik pemrosesan pasir bernama pabrik Gravel Pack Sand (GPS) . 

Bila kamu ingin tahu terkait bagaimana Ahok dapat terjun di dunia politik, baca hingga sampai habis biografi Ahok dalam artikel ini. 

Penulis “Merubah Indonesia : The Story Of Basuki Tjahaja Purnama : Tidak Selama-lamanya Orang Miskin Dilalaikan. ” ini punyai segudang prestasi yang membesarkan hati. 

Tapi, keberhasilan yang dapat dia gapai ini bukan tidak dengan upaya, usaha keras, serta pengorbanan. Terdapat beberapa pengorbanan yang lain buat mencapai keberhasilan. 

Tidak hanya itu, terdapat beberapa kejadian dalam biografi Ahok yang menarik untuk didapati. Dengan paham biografi Ahok kamu mungkin terpacu untuk membuat perubahan Indonesia jadi lebih baik . Yuk, baca terus biografi Ahok berikut yang udah dikutip Liputan6. com dari bermacam sumber, Selasa (26/2/2019) 

Keluarga 
Ahok 
Nicholas Sean serta sang ayah, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (dok. Instagram @nachoseann/https : //www. instagram. com/p/BtAIjmFFENQ/Asnida Riani) 
Anak dari Indra Tjahaja Purnama serta Buniarti Ningsing keturunan Tionghoa ini miliki nama komplet Basuki Tjahaja Purnama. Ahok miliki empat adik yakni Basuri Tjahaja Purnama, Fifi Lety Indra, Harry Basuki, serta Basu Panca Fransetio. 

Waktu kecil Basuki tambah banyak dihabiskan di Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, sampai usai menamatkan pendidikan sekolah menengah tingkat pertama 

Sesudah sang bapak wafat, Ahok diberikan terhadap keluarga Misribu. Keluarga Misribu-lah yang mengongkosi hidup Ahok sepanjang di Jakarta. Almarhumah Misribu Andi Baso Amier yakni figur ibu angkat Ahok dari Bugis. 

Ahok menikah dengan Veronica, kelahiran Medan, Sumatera Utara serta udah memiliki 3 buah hati yakni Nathania Purnama, Nicholas Purnama, Daud Albeenner Purnama. Tapi keduanya putuskan bercerai pada tahun 2018. 

Latar Belakang Pendidikan 

20161227-Hakim Bacakan Keputusan Celah dalam Sidang Ahok-Jakarta 
Senyum Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki T Purnama alias Ahok sekejap sebelum dimulainya sidang kelanjutan di PN Jakarta Utara, Selasa (26/12) . Persidangan ke-3 ini beragenda pembacaan keputusan celah oleh majelis hakim. (Liputan6. com/Bagus Indahono/Pool) 
Ahok ambil jurusan Tehnik Geologi, Kampus Trisakti serta usai pada tahun 1989. Sesudah tempuh pendidikannya di Jakarta, dia selanjutnya kembali lagi kampung halamannya dan mengawali upaya dengan dirikan perusahaan bernama CV Panda yang beroperasi di sektor kontraktor pertambangan untuk PT Timah yang kondang di Belitung Timur. 

Tapi cuma terjadi sepanjang dua tahun Ahok di dunia pertambangan, dia selanjutnya menambahkan kuliahnya dengan ambil program master manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta tahun 1992. 

Terjun dalam Politik 
20160921-Megawati Dampingi Ahok-Djarot ke KPUD DKI-Jakarta 
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) -Djarot Saiful Hidayat dibarengi Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri ikuti proses pendaftaran calon gubernur serta wagub pada Pemilihan kepala daerah DKI 2017, di KPUD DKI Jakarta, Rabu (21/9) . (Liputan6. com/Immanuel Antonius) 
Selesai tempuh pendidikan S2, Ahok sudah pernah kerja di PT Simaxindo Primadaya di Jakarta yang bergerak dalam sektor kontraktor listrik. Sampai selanjutnya dia kembali lagi kampong halamanya, Belitung Timur serta sempat dirikan perusahaan bernama PT Nurindra Ekapersada. 

Dikutip dari situs ahok. org, pabriknya ditutup lantaran dia menentang kesewenang-wenangan petinggi. Ahok alami sendiri pahitnya bertatapan dengan politik serta birokrasi yang korup. 

Sempat terpikir olehnya untuk pindah dari Indonesia ke luar negeri, akan tetapi hasrat itu tidak diterima oleh sang ayah yang menuturkan jika sehari rakyat akan pilih Ahok untuk perjuangkan nasib mereka. 

Bermodal kepercayaan jika orang miskin jangan musuh orang kaya serta orang kaya jangan musuh petinggi, hasrat untuk mendukung rakyat kecil di kampungnya, juga kefrustasian yang dalam pada kesemena-menaan petinggi yang dia alami sendiri, Ahok putuskan untuk masuk ke politik di tahun 2003. 

Pertama kali dia masuk dibawah bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang waktu itu di pimpin oleh Dr. Sjahrir. Pada pemilu 2004 dia mencalonkan diri jadi anggota legislatif. 

Dengan keuangan yang sangatlah terbatas serta mode kampanye lainnya dari lainnya, yakni menampik berikan uang terhadap rakyat, serta memberikan nomor handphone Ahok. Dia dipilih jadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009. 

Pada Penentuan Kepala Wilayah (Pemilihan kepala daerah) Kabupaten Belitung Timur tahun 2005, Ahok berpasangan dengan Khairul Effendi, B. Sc. dari Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK) turut jadi calon Bupati-Wakil Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Dengan kantongi nada 37, 13 prosen pasangan ini dipilih jadi Bupati serta Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur definitif pertama. 

Selanjutnya Ahok mencalonkan diri jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Joko Widodo dalam Penentuan umum Gubernur DKI Jakarta 2012. Pasangan Jokowi-Ahok ini mendapatkan 1. 847. 157 (42, 60%) nada pada putaran pertama, serta 2. 472. 130 (53, 82%) nada pada putaran ke dua, taklukkan pasangan Fauzi Bowo serta Nachrowi Ramli. 

Pada 14 November 2014, DPRD DKI Jakarta memberitakan Ahok jadi Gubernur DKI Jakarta gantikan Joko Widodo yang udah jadi Presiden Republik Indonesia. Sesudah pengumuman ini, DPRD DKI Jakarta mengirim surat ke Kementerian Dalam Negeri biar Ahok diangkat jadi gubernur. 


Penghargaan 
20160412-Dipanggil KPK, Ahok Jelaskan Info Bab RS Sumber Waras-Jakarta 
Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama sewaktu menanti pengecekan di area nantikan KPK, Jakarta, Selasa (12/4) . Ahok penuhi panggilan KPK berkaitan pemberian info bab masalah pembelian tempat RS Sumber Waras (Liputan6. com/Helmi Afandi) 
Di tahun 2006, Ahok diangkat oleh Majalah TEMPO jadi satu diantara 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Di tahun 2007 dia diangkat jadi Tokoh Anti Korupsi dari pelaksana negara oleh Pergerakan Tiga Pilar Kemitraan yang terbagi dalam KADIN, Kementerian Pemanfaatan Perangkat Negara, serta Warga Transparansi Indonesia. 

Pada tahun 2013, Ahok dapatkan penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award (2013) serta Gus Dur Award pada tahun 2016. 

Jago Tembak 
Pria kelahiran 29 Juni 1966 itu, nyata-nyatanya miliki kebolehan memakai senjata api atau tembak. Serta dia sudah pernah memperlihatkan kekuatannya di muka mass media waktu hadiri acara di Kopassus pada 17 Juni 2015 kemarin. Ahok yang waktu itu memakai pistol Elita G2 hasil PT Pindad, menjajal kekuatannya. 

Di saat pertama, eks Bupati Belitung Timur itu cuma dapat menyarangkan peluru ke 3 tujuan pelat baja dari keseluruhan 8 tujuan tembak. Di saat ke dua, dia dapat memberbaiki jumlahnya tujuan tembaknya, jadi 4. Selanjutnya di saat ke-3, Ahok dapat tembakkan peluru pada 7 tujuan.

No comments:

Post a Comment

Yuk Intip Industri Coworking Space Cetak Pertumbuhan Tinggi

Industri ruangan kerja berbarengan (coworking ruang) adalah satu diantaranya bidang yang terus berkembang. Perkembangan ini searah dengan be...