Saturday, September 7, 2019

Ini Dia Penyebab Pertamina Hitung Ulang Laporan Keuangan 2018!

PT Pertamina (Persero) mengaku sedang mengerjakan kalkulasi kembali pada laporan akunting perusahaan.
Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansury menyampaikan, hal semacam itu dikerjakan sebab ada formula berkaitan harga

" Laporan akunting dihitung ulang kembali, sama BPK pula tengah diaudit kembali, sebab ada formula baru BBM serta hitungannya berlaku surut dari 1 Januari 2018. Termasuk juga hitungan subsidi solar, " jelas Pahala waktu ditemui di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (20/5/2019) .

Awal mulanya, Pemerintah menginformasikan formula baru kalkulasi harga jual eceran model bahan bakar minyak (BBM) umum, Minggu (10/2/2019) .

Formula ini tertuang dalam Ketentuan Menteri (Kepmen) ESDM nomer 19 K/10/MEM/2019 serta berlaku sejak mulai 10 Februari 2019. Dalam kepmen itu diputuskan harga jual dengan batasan margin seperti berikut.
Simak Juga : rumus mean median modus

a. terendah 5% dari harga basic, b. tertinggi 10% dari harga basic.
Basic perhitungannya ialah :
a. Untuk model Bensin dibawah RON 95 serta model Solar CN 48 dengan rumus seperti berikut :
1. Batas bawah :
Mean of Platts Singapore (MOPS) + Rp 952/liter + Margin (5% dari harga basic) 2. Batas atas :
MOPS + Rp 2. 542/liter + Margin (10% dari harga basic)

Mengenai, untuk model Bensin RON 95, model Bensin RON 98, dan model Solar CN 51 serta ke atas diputuskan dengan rumus seperti berikut : 1. Batas bawah :
MOPS + Rp 1. 190/liter + Margin (5% dari harga basic) 2. Batas atas :
MOPS + Rp 3. 178/liter + Margin (10% dari harga basic)

Lantaran tersedianya formula ini, harga jual dipandang semakin lebih lumrah. Tidak hanya itu, dengan digunakannya MOPS, harga BBM yang awalnya dievaluasi tiga bulan sekali saat ini jadi 1bulan sekali.
Artikel Terkait : rumus turunan trigonometri

Syahdan, tubuh usaha BBM ramai-ramai mengerjakan pergantian dengan harga jual eceran bensin mereka, seperti Pertamina, Shell, Vivo, serta yang lain.

Bukan cuma untuk BBM umum, harga BBM model Premium di lokasi Jawa, Madura, serta Bali turun juga mulai pada 10 Februari 2019, mengatur di harga di luar lokasi itu. Harga Premium Jawa-Bali diputuskan sebesar Rp 6. 450 dari mulanya Rp 6. 550.

No comments:

Post a Comment

Yuk Intip Industri Coworking Space Cetak Pertumbuhan Tinggi

Industri ruangan kerja berbarengan (coworking ruang) adalah satu diantaranya bidang yang terus berkembang. Perkembangan ini searah dengan be...