Wednesday, September 18, 2019

Beginilah Pemuda Gondang Ini Membuat Pesanan Wayang Kertas

Subekti Alam Muk’arif, pemuda 25 tahun ini adalah pengrajin wayang kertas. Dalam sebuah bulan, Dusun Slawe, Desa Padi, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto ini dapatkan pesanan sampai lima buah wayang kertas.

Subekti menyatakan, kepiawaiannya dalam bikin wayang kertas dia dalami dengan otodidak. Ia cuma dengan bekal kebolehan menggambarnya serta skema garis wayang dia dalami dari buku. Semua lantaran dari kecil, sang ayah kerap memberikannya narasi bab wayang.

“Sebenarnya, saya bikin wayang kertas buat koleksi pribadi. Lantaran semenjak kecil pingin miliki wayang kulit. Saya memang semenjak kecil telah senang pewayangan. Lantaran, ayah saya kerap ceritakan kejadian pewayangan sampai tertidur lelap, ” tuturnya.
Simak Juga : ukuran kertas A3 dalam CM

Sampai, seputar tahun 2007 lalu atau kala dia duduk di kursi Sekolah Menengah Atas (SMA) , dia bikin wayang berbahan kertas. Wayang kertas bikinannya itu selanjutnya dipertunjukkan di ruangan tamu. Kala tetangga bertandang ke tempat tinggalnya, ia diperintah buat bikin wayang kertas.

“Ternyata banyak tetangga memberikan respon baik kerajinan wayang kertas hasil saya ini, tetangga saya itu pesan satu wayang kertas pembawaan Arjuna. Beberapa saat selanjutnya, wayang kertas saya mulai dilirik tetangga lain serta banyak yang pesan, ” tangkisnya.

“Dalam 1bulan, ada 5 pesanan wayang kertas. Wayang ukuran 10 cm saya patok Rp30 ribu, kalaupun yang ukuran 1 mtr. saya patok Rp150 ribu. Diluar itu, saya pula bikin wayang berbahan talang (seperti karpet) harga paling kecil Rp 60 ribu, ” katanya.

Masih kata Subekti, wayang talang dapat dibikin pementasan wayang lantaran tidak gampang robek. Sesaat buat wayang kertas cuma sesuai buat pajangan di ruangan tamu. Wayang kertas hasil Subekti terbuat dari kertas karton atau duplex ukuran A3 serta guratan garis-garis membuat pembawaan wayang dari pensil.
Artikel Terkait : ukuran kertas

“Setelah pembawaan wayang tercipta, kertas digunting sesuai dengan skema garis serta di cat air gunakan kuas. Pengecatannya buat wayang ukuran kecil sampai 3 hari, kalaupun gunungan dapat sampai 1 minggu. Supaya bisa berdiri, pada sisi tengah yang menyambung ke pegangannya, saya pakai bambu, ” katanya.

Menurut dia, kalau gunakan rotan jadi harga pula berlainan. Selesai usai pengecatan jadi dipernis dengan arah supaya mengkilap, sedang buat potongan tangan wayang dia gunakan senar pancing yang besar serta dibakar api dikit supaya menutup

No comments:

Post a Comment

Yuk Intip Industri Coworking Space Cetak Pertumbuhan Tinggi

Industri ruangan kerja berbarengan (coworking ruang) adalah satu diantaranya bidang yang terus berkembang. Perkembangan ini searah dengan be...