Sunday, October 27, 2019

Yuk Intip 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda Dibacakan & Indonesia Raya Berkumandang

Pada 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda dideklarasikan. Diluar itu, lagu Indonesia Raya dikumandangkan buat pertama kali di muka khalayak biarpun cuma memanfaatkan biola tiada lirik.

Momen itu sebagai satu dari banyaknya momen bersejarah dunia yang wajar dikenang dalam hari ke-301—hari ke-302 dalam tahun kabisat—sesuai metode Kelender Gregorian, 28 Oktober. Berikut beberapa momen bersejarah pada 28 Oktober yang disatukan Solopos. com dari Thepeoplehistory. com serta Wikipedia. org, dalam Riwayat Hari Ini, 28 Oktober :

Simak Juga : romawi angka

312
Pasukan pimpinan Konstantinus I sukses kalahkan pasukan Maxentius dalam Pertarungan Jembatan Mlivian di Ponte Milvio, Roma. Pertarungan itu sekalian mengakhirti dualisme kepemimpinan di Romawi Barat serta jadikan Konstantinus I jadi kaisar tunggal.

Pasukan Kekaisaran Bizantium sukses mengambil menara pokok di Kota Antiokhia, Turki dari pasukan Dinasti Hamdanid. Atas kemenangan itu, pasukan Kekaisaran Bizantium sukses kuasai Antiokhia sesudah mengepungnya mulai sejak November 968.
Artikel Terkait : contoh implementasi

1344
Pasukan Dinasti Aydinid tidak berhasil membela area Smyrniote di Turki dari usaha persaingan perebutan yang dijalankan Tentara Salib. Tentara Salib selanjutnya berkuasa di Smyrniote sampai 1402.

1516
Pasukan Kesultanan Ottoman sukses kalahkan pasukan Kesultanan Malmuk di Khan Yunis, Palestina. Dalam satu diantaranya pertarungan pada kala Perang Ottoman-Malmuk itu, pemimpin pasukan Kesultanan Malmuk Janbirdi Al-Ghazali terluka sampai pasukannya mesti mundur dari medan pertarungan.

1531
Pasukan Kesultanan Adal pimpinan Ahmad bin Ibrahim Al-Ghazi sukses kalahkan pasukan Kerajaan Etiopia yang di pimpin Dawit II di dekat Sungai Walaqa, Amhara, Etiopia. Atas kemenangan itu, pasukan Kesultanan Adal sukses kuasai sejumlah lokasi Etiopia pada bagian selatan.

1918
Cekoslowakia memproklamirkan kemerdekaannya dari Kerajaan Austria-Hungaria yang udah menguasainya saat seputar 300 tahun. Tetapi mulai sejak 1993, negara itu terpecah jadi dua, yaitu Ceko serta Slowakia.

1924
Pemerintah Hindia Belanda membangun Rechtshoogeschool te Batavia atau Sekolah Tinggi Hukum di Jakarta. Perguruan tinggi itu selanjutnya ditutup serta gak sempat dibuka mulai sejak Jakarta ditempati Jepang pada 1942. Saat ini, gedung Rechtshoogeschool te Batavia diperlukan jadi Gedung Pokok Kementerian Pertahanan.

1928
Dalam hari ke-2 Kongres Pemuda II di Jakarta, tiga ketentuan yang selanjutnya diketahui dengan nama Sumpah Pemuda dideklarasikan. Diluar itu, buat pertama kali, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di muka khalayak biarpun cuma memanfaatkan biola tiada lirik. Saat ini, 28 Oktober diperingati jadi Hari Sumpah Pemuda.

1940
Pasukan Italia menyerang lokasi Yunani serta sebabkan Perang Italia-Yunani yang terjadi saat hampir enam bulan.  Perang itu diawali waktu Yunani menampik buat mengikuti peringatan yang dilepaskan Italia. Pada peringatan itu, Italia minta Yunani menyerahkan semua wilayahnya.

1955
William Henry Gates III lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS) . Pria yang akrab dipanggil Bill itu diketahui jadi bekas CEO Microsoft yang saat ini memegang jadi ketua Microsoft. Gates sempat duduki posisi pertama pada daftar orang paling kaya vs Forbes mulai sejak 1993 sampai tahun 2007. Kekayaan Gates sempat melalui angka 101 miliar dolar AS.

No comments:

Post a Comment

Yuk Intip Industri Coworking Space Cetak Pertumbuhan Tinggi

Industri ruangan kerja berbarengan (coworking ruang) adalah satu diantaranya bidang yang terus berkembang. Perkembangan ini searah dengan be...