Saturday, September 7, 2019

Beginilah Kenyataan Diagram KPU

Dalam sekian hari paling akhir, netizen di gemparkan dengan video yang memberikan diagram pencapaian Calon presiden di web KPU salah.


Video itu semisalnya ditebar account Twitter WIsanggeni atau @WiwisMbecak.

Video itu memberikan satu orang yang coba mengalkulasi kembali pencapaian suara Calon presiden Calon wakil presiden 01 Jokowi-Ma’ruf serta 02 Prabowo-Sandi lewat aplikasi microsoft excel.

Pengunggah video memberikan ketidakcocokan di antara hasil hitungan suara Pemilihan presiden dari Metode Kabar Perhitungan (Situng) di web KPU https : //pemilu2019. kpu. go. id/ dengan hasil hitungan di Microsoft (Ms) Excel.
Simak Juga : rumus excel

Dengan ambil data dari KPU dalam hari Senin 22 April 2019 video account @WiwisMbecak mengatakan diagram KPU untuk pasangan capres (calon presiden) serta cawapres (calon wakil presiden) 01 ada di angka 54, 84 %, sesaat pasangan calon presiden serta calon wakil presiden 02 sebesar 45, 16 %, dari keseluruhan sesaat 18. 349. 072 suara.

Suara pria dalam video account @WiwisMbecak mengatakan dirinya sendiri mengalihkan seluruhnya data pencapaian suara untuk semasing pasangan calon presiden serta calon wakil presiden secara copy paste.

Baca Pun : Ini Urutan Surat Suara Tercoblos di Malaysia
Pria itu meng-copy beberapa angka pencapaian suara dari beberapa daerah yang dilampirkan KPU berbentuk itu, ke aplikasi MS Excel.

Kala dijumlah, keseluruhan suara yang masuk untuk paslon 02 sebesar 9. 214. 073 dari keseluruhan 17. 563. 015 suara.
Artikel Terkait : terbilang excel

Kala dipersentasekan di Ms. Excel, banyaknya suara Prabowo memberikan angka sebesar 52 %.

“Tapi di diagram (KPU) kita lihat paslon 01 (sebesar) 54 %, (paslon) 02 (sebesar) 45 %. Asumsinya, bila kita gunakan rumus Excel sinkron itu harusnya sama, kok, ini beda, KPU dapat Excel, piye, toh, dapat Excel apa ora ono, toh? ” ujar suara dalam video itu.

Sebab Copy-Paste Saja
Kenapa hasilnya dapat beda?

Beberapa faksi, coba lakukan perhitungan dengan menuruti teknik dalam video itu.

Sejumlah faksi yang lakukan perhitungan itu, dimulai dengan media online kumparan, Ketua Program Studi Pengetahuan Pemerintahan FISIP Kampus Sultan Ageng Tirtayasa Abdul Hamid (Abah) dan pemakai account twitter @yoshu_sudarso.

Mereka malahan menemukannya hasil yang sama juga dengan di web KPU. Tak seperti dalam video di atas itu.

Baca Pun : Hampir Tentu Mahfud MD Calon wakil presiden Jokowi, Didaftarkan ke KPU Jumat Malam
Didapati, hasil di excel dapat tidak serupa sebab pria dalam video itu langsung mengcopy-paste tanpa ada merubah sinyal titik jadi koma.

Untuk didapati, pemakaian ‘titik’ pada situs KPU berperan jadi pemisah angka beberapa ribu, sama seperti guna pemakaian titik dalam bahasa Indonesia.

Akan tetapi, tidak serupa dengan Inggris terutama microsotf excel, yang memakai titik jadi pemisah bilangan desimal.

Account Twitter Yoshu Sudarso atau @yoshu_sudarso, kalau dikopi paste saja, ke format Ms Excel, hasilnya memang dapat tidak serupa atau terbalik.

Ia mengatakan, disaat dipindahkan format tulisan KPU yang memanfaatkan titik dalam banyaknya angka dapat dibaca desimal disaat dipindahkan ke Ms Excel.

Akan tetapi kalau sinyal titik barusan dirubah ke dalam koma karena itu angka perihitungan di link KPU akan sesuai dengan.

Ketua Program Studi Pengetahuan Pemerintahan FISIP Kampus Sultan Ageng Tirtayasa, Abdul Hamid (Abah) pun lakukan percobaan yang sama. Ia ambil data dari link hitungan suara di situs KPU Pusat.

Yang dicatat KPU jika suara pasangan 01 sejumlah 7. 032. 163, sesaat di excel 5. 510. 996.

Baca Pun : Calon legislatif Pun Butuh Mempunyai Visi Misi
Lantas dicatat pun jika suara pasangan 02 sejumlah 5. 928. 855 sesaat di excel tercatat 6. 471. 312

Nyata-nyatanya memang benar ada ketidakcocokan hasil. Akan tetapi, itu dapat diterangkan. Menurut Abah, angka di tabel situs KPU nyata-nyatanya memanfaatkan titik (. ) yang kalau dibaca di excel karena itu dikira desimal.

“Makna pada angka semestinya beralih. Termudah lihat tabel no 2 yang miliki angka-angka 0 di belakang yang di excel jadi hilang disaat di copy paste disana, ” ujar Abah di situs website-nya.

No comments:

Post a Comment

Yuk Intip Industri Coworking Space Cetak Pertumbuhan Tinggi

Industri ruangan kerja berbarengan (coworking ruang) adalah satu diantaranya bidang yang terus berkembang. Perkembangan ini searah dengan be...